Tingkatkan Pelayanan Publik, Mahasiswa KKN Undip Inisiatif Membuat Video Profiling Desa Randusanga Kulon

  • Aug 10, 2023
  • Revela Regilia Effendy

BREBES - Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 membantu pemerintah desa dalam menyebarkan informasi pelayanan publik Desa Randusanga Kulon melalui video profiling yang dapat diakses di media sosial Tiktok pada 10 Agustus 2023. Video ini diambil di beberapa tempat berbeda di Desa Randusanga Kulon, seperti di Posyandu Balita Suka Maju, Posyandu Remaja Suka Hati, Puskesmas Keliling di Banjangsari, serta Kantor Pelayanan Umum di Balai Desa Randusanga Kulon.

Video profiling layanan publik dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Randusanga Kulon. Proses pembuatan video sendiri mulai dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2023 untuk profiling Posyandu Balita Suka Maju, tanggal 14 Juli 2023 profiling Posyandu Remaja Suka Hati pada, tanggal 18 Juli 2023 profiling Pelayanan Umum di Balai Desa, dan 25 Juli 2023 profiling Puskesmas Keliling di Banjangsari.

Setiap tahapan kegiatan pelayanan publik dijelaskan dengan bahasa yang singkat, padat, dan lugas. Dimulai dari tahapan awal hingga bagaimana pelaksanaan publik tersebut. Pada layanan posyandu sendiri kegiatan yang dilakukan terdiri dari pendaftaran, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengecekan kesehatan, dan pemberian obat bagi lansia atau imunisasi bagi balita apabila dibutuhkan.

Adapun kegiatan pada layanan umum membantu masyarakat dalam pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, SKCK, domisili, surat perpindahan, dan lainnya. “Dengan adanya pelayanan umum, masyarakat dapat terbantu untuk mengurus kebutuhan administrasi di Desa Randusanga Kulon.” jelas Revela Regilia Effendy, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.

Video profiling tersebut dapat ditonton oleh masyarakat luas terutama warga Desa Randusanga Kulon untuk membantu memahami mekanisme pelayanan publik di desa.