Rob Datang Uang Hilang, Mahasiswa KKN UNDIP Galakan Sosialisasi “Pentingnya Mobile Banking & Dompet Digital”

  • Feb 11, 2023
  • Sri Astuti

 

Randusanga Kulon, Brebes (27/01/). Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 tahun 2023, Alfis Narko seorang mahasiswa program studi Ekonomi Islam Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Randusanga Kulon termasuk salah satu desa di pesisir utara Jawa Tengah yang sering diterjang banjir rob. Akibatnya banyak harta benda warga desa yang terendam dan hilang hanyut terbawa banjir rob, salah satunya yaitu uang. Hal tersebut terjadi karena warga masih menyimpan uang tunai secara konvensional, seperti di almari pakaian; tas atau kaleng khusus penyimpanan uang; dan lain-lain.

Untuk melakukan transaksi online, warga desa masih menggunakan kartu ATM. Jarak dari desa menuju ke ATM membutuhkan waktu sekitar 31 menit. Hal tersebut tentu menyulitkan warga, apalagi jika sedang terjadi banjir rob. Melihat kondisi tersebut, Alfis Narko mahasiswa KKN UNDIP program studi Ekonomi Islam mengusulkan sebuah program kerja yakni sosialisasi dengan topik “Pengenalan Mobile Banking dan Dompet Digital”.

Mobile Banking merupakan suatu layanan yang disediakan oleh bank untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi secara online. Contohnya antara lain BNI Mobile, BRI Mobile, BCA Mobile, dan lain-lain. Sedangkan dompet digital adalah suatu layanan elektronik yang berperan dalam proses penyimpanan data sekaligus sebagai alternatif sistem pembayaran yang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. Contohnya yaitu DANA, OVO, LinkAja, dan lainnya.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 Januari 2023 di balai desa Randusanga Kulon. Sasaran dari program ini adalah masyarakat setempat khususnya pelaku UMKM. Kegiatan dimulai dengan penjelasan mengenai mobile banking dan dompet digital secara singkat. Kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan akun mobile banking dan dompet digital.

Masyarakat setempat sangat antusias dalam menyambut program ini. Harapannya, sosialisasi pengenalan mobile banking dan dompet digital ini dapat menjadi solusi untuk meminimalisir kehilangan uang tunai ketika terjadi banjir rob dan mengefektifkan waktu masyarakat dalam melakukan pembayaran atau transaksi online.

 

 

Penulis : Alfis Narko

Dosen Pembimbing Lapangan :

  1. Retna Hanani, S.Sos., MPP
  2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc
  3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si