RANGKUL ASA! Buah Rancangan Mahasiswa KKN Undip dalam Menyelesaikan Sengketa Sosial

  • Aug 09, 2023
  • Erza Ade Mahendra

BREBES -  Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 mengundang pemegang otoritas Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes dalam rangka sosialisasi rancangan lembaga RANGKUL ASA (Randusanga Kulon Alternatif Penyelesaian Sengketa) pada 31 Juli 2023 di Aula Balai Desa. Hal ini dilatarbelakangi dengan potensi konflik sosial yang dapat menimbulkan lingkungan sosial yang tidak harmonis.

Pada kehidupan bermasyarakat dan bertetangga potensi konflik sosial yang terjadi dapat menimbulkan lingkungan sosial yang tidak harmonis sehingga dibutuhkan peran RT, RW, perangkat desa, dan pemegang otoritas pada tingkat desa dapat menjadi salah satu aspek pertama untuk melakukan kontrol sosial dalam masyarakat.

Misalnya, konflik perdata mengenai jalanan publik yang ternyata milik oleh seorang warga. Hal ini dapat menyebabkan konflik apabila warga tiba-tiba menuntut haknya kembali. Permasalahan seperti ini dibutuhkan sebuah lembaga untuk menyelesaikan sengketa yang ada. 

Sosialisasi rancangan lembaga RANGKUL ASA dimulai dengan menjelaskan latar belakang permasalahan dan penampilan draft rancangan peraturan desa. “Kalau ada konflik beberapa warga langsung melaporkan ke polisi padahal konflik tersebut bisa diselesaikan di internal desa.” ujar Lukman selaku Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP).

Lebih lanjut Lukman menyarankan untuk dibuatkan video animasi praktik rancangan lembaga RANGKUL ASA yang telah dibuat. Tujuan video tersebut dibuat supaya masyarakat memahami mekanisme penyelenggaraan lembaga dengan baik. 

Meskipun demikian, pendirian lembaga ini tetap harus dirundingkan dengan seluruh pemegang otoritas di desa karena keberhasilan lembaga ini tidak terlepas dari kepercayaan dan penghargaan warga kepada penanggung jawab yang akan ditunjuk.