Peringati Hari Mangrove Sedunia, Mahasiswa KKN Undip Adakan Penanaman Ratusan Mangrove

  • Aug 12, 2023
  • Nitzah

BREBES - Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 dengan pemerintah desa terjun langsung dalam kegiatan penanaman ratusan mangrove yang diselenggarakan di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes pada 28 Juli 2023 sebagai bentuk perayaan hari mangrove sedunia.

Desa Randusanga Kulon terletak di pesisir pantai dengan permasalahan utama banjir rob. Salah satu cara yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan banjir adalah penanaman mangrove di sekitar tambak. “Hari ini dilakukan penanaman mangrove untuk mengatasi abrasi yang semakin parah di Desa Randusanga Kulon.” jelas Afan Setiono selaku Kepala Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Penanaman mangrove diawali dengan mengambil bibit mangrove yang telah disediakan di persemaian mangrove. Kemudian penanaman dilakukan di Lapangan Dusun Sigempol dengan melibatkan pemerintah desa, mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023, dan warga desa. 

Kegiatan penanaman mangrove ini termasuk ke dalam puncak acara dari program kerja KKN Tim II Undip Tahun 2023 “DESAKU AMAN: Desa Randusanga Kulon Ramah Lingkungan”. Selain penanaman mangrove, diadakan pula kegiatan untuk mencapai desa ramah lingkungan di Taman Sirangkul Sari.

Mahasiswa bekerja sama dengan pemerintah desa memanfaatkan sampah-sampah dari botol plastik dengan membuat ecobrick, menghias Taman Sirangkul Sari melalui penanaman rumput melalui boneka horta, inventarisasi perlengkapan di taman, pembuatan papan penanda taman, pemberian tempat sampah organik dan anorganik, serta sosialisasi mengenai hukum lingkungan dan literasi peduli lingkungan.

Program “DESAKU AMAN: Desa Randusanga Kulon Ramah Lingkungan” bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga dan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan. Berawal dari pembiasaan desa ramah lingkungan yang dilakukan mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 diharapkan masyarakat dapat semakin sadar dan memelihara lingkungannya.