Peringati Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKN Undip Adakan Bermain Belajar Berbasis Eksperimen dengan Anak-anak

  • Aug 12, 2023
  • Nitzah

BREBES - Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 bekerja sama dengan pemerintah desa merayakan hari anak nasional melalui program kerja “BERSABAR: Bermain Sambil Belajar Berbasis Eksperimen” dengan mendatangkan anak-anak berusia 7-12 tahun yang berasal dari Sekolah Dasar (SD) di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes pada 3 Agustus 2023.

Anak-anak yang hadir dalam program ini merupakan perwakilan dari masing-masing SD yang diundang yaitu SD Negeri Randusanga Kulon, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah, SD Negeri 1 Sigempol, SD Negeri 2 Sigempol, dan SD Negeri 3 Sigempol.

Acara ini dibuka dengan sambutan dan harapan dari Kepala Desa Randusanga Kulon. Dilanjutkan dengan dimulainya perlombaan Ranking 1. Lomba ranking 1 berbentuk lomba cerdas cermat yang dilakukan untuk kelas 4, 5, dan 6. Kegiatan Lomba Ranking 1 mendapatkan respons positif dari anak-anak. Hal ini dapat dilihat dari antusiasnya mereka dalam menjawab soal dan berlomba menjadi pemenang dalam Ranking 1. 

Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan adalah menonton video motivasi belajar “PIPER Jangan Takut Mencoba” yang didapatkan dari Youtube dan disebarkan pada anak-anak. Video ini bercerita mengenai seekor bayi burung Sandpiper yang sedang belajar bagaimana cara mencari kerang di pinggir pantai. Banyak kegagalan yang dialami, dimulai dari tidak mendapatkan kerang sebagai sumber makanan, rasa trauma karena terkena sapuan air laut, hingga berusaha kembali dengan menemukan keberaniannya.

Pembelajaran berbasis eksperimen berlanjut dengan mengadakan eksperimen gelembung lava dengan membagi anak-anak ke dalam 5 kelompok yang didampingi oleh mahasiswa KKN dan guru penanggung jawab dari masing-masing sekolah. Alat dan bahan dalam melakukan eksperimen sangat sederhana dan tidak membahayakan anak-anak.

Acara ini kemudian ditutup dengan adanya pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah. “Program ini berdampak positif dengan adanya permintaan dari warga untuk mengadakan kegiatan ini setiap 3 bulan sekali.” ujar Afan Setiono selaku Kepala Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.