Penting namun Sering Terlewatkan, Mahasiswa KKN UNDIP Mensosialisasikan tentang Keselamatan dalam Berkendara

  • Feb 11, 2023
  • Sri Astuti

Brebes (22/01/2023) - Keselamatan berkendara (safety riding) adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara demi menciptakan suatu kondisi, dimana kita berada pada titik yang tidak membahayakan pengendara lain dan menyadari kemungkinan bahaya yang dapat terjadi di sekitar kita serta pemahaman akan pencegahan dan penanggulangnnya.

Rendahnya kesadaran masyarakat brebes tepatnya warga desa randusanga kulon akan pentingnya keselamatan berkendara menjadi salah satu alasan diadakannya sosialisasi tersebut.

Sosialisasi yang terselenggara di balai desa disambut baik oleh kepala desa, perangkat desa, dan warga desa setempat.

Adapun hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara diantaranya:

  1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan vit.
  2. Periksa kondisi kendaraan yang meliputi:
  • Rem

          Rem merupakan salah satu komponen krusial pada motor, pastikan rem dalam kondisi baik terutama pada motor matic yang memiliki potensi mengalami rem blong lebih                tinggi dibanding jenis kendaraan motor lainnya. Hal ini dikarenakan motor matic tidak memiliki engine brake.

  • Lampu kendaraan

          Lampu kendaraan terbagi menjadi 3, yaitu: lampu utama, lampu rem, dan lampu sein. Pastikan ketiga jenis lampu tersebut dalam kondisi menyala.

  • Ban

          Periksa keadaan ban depan dan belakang pada kondisi aman, dalam artian tidak terjadi bocor atau kempes yang dapat menghambat perjalanan serta membahayakan                          pengendara.

  • Oli

          Ganti oli beberapa bulan sekali demi terciptanya mesin kendaraan motor yang prima.

  1. Gunakanlah perlengkapan keamanan saat berkendara.
  2. Patuhi rambu lalu lintas.
  3. Selalu bawa surat-surat penting seperti SIM dan STNK.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para warga dapat mulai sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara bagi diri sendiri dan juga bagi pengendara lain.