Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dan Lembaga Desa

  • Dec 27, 2023
  • Sri Astuti

Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2023 yang dilaksanakan Pemerintah Desa Randusanga Kulon bersama dengan Lembaga Desa di Banyumas dengan Tema Pelatihan Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup dan TPST Rempoah Banyumas.

TPST ini telah memproduksi maggot dan limbah maggot yang dijadikan pupuk. Di lingkungan TPST juga telah diujicobakan tananaman melon juga kolam ikan. Nana Supriyana sebagai sebagai Manager BUMdes yang diserahi untuk pengelola TPST mengatakan proses pengelolaan sampah dari yang dilakukan adalah penjemputan dari warga. Sampah tersebut kemudian dikumpulkan dan dipilah.
Dari pemilahan itu akan menghasilkan pada organik dan anorganik. Sampah organik dimanfaatkan untuk budidaya maggot. Sedangkan sampah anorganik itu sebagian dilakukan pemilahan lagi untuk dijual dan menjadi keuntungan.
Artikel ini telah tayang di halaman gatra.com dengan judul "Melihat dari Dekat TPST Rempoah: Sampah Selesai, Tenaga Kerja Terserap". 

Semoga dengan adanya Pelatihan ini menjadikan Pemerintah Desa bisa melakukan gerakan menuju lingkungan sehat dan dapat mengolah sampah menjadi lebih bermanfaat bukan menjadi limbah masyarakat yang kian meresahkan.