Penggunaan Ember Sebagai Wadah Budidaya Ikan dan Tumbuhan untuk Memanfaatkan Lahan Sempit yang Terabrasi

  • Aug 03, 2023
  • Sofia Putri Nabila

BREBES - Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 memanfaatkan lahan sempit yang terabrasi di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes melalui penggunaan ember sebagai wadah budidaya ikan dan tumbuhan. Kegiatan ini berbentuk sosialisasi dan praktik yang telah dilaksanakan di Aula Balai Desa Randusanga Kulon dengan melibatkan kader posyandu sekitar 30 peserta pada hari Jum’at tanggal 21 Juli 2023 kemarin.

Penggunaan ember sebagai wadah budidaya ikan dan tumbuhan merupakan langkah solutif untuk mengatasi permasalahan lahan sempit yang terabrasi. “Program ini dilakukan dengan tujuan mengalihfungsikan lahan yang terabrasi dengan pemanfaatan ember untuk membantu meningkatkan produktivitas masyarakat melalui budidaya ikan dan tumbuhan yang berkelanjutan.” jelas Sofia Putri Nabila (21), salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.

Berbagai persiapan untuk menjalankan program dimulai dari menyiapkan alat dan bahan hingga perancangan ember sebagai wadah budidaya ikan dan tumbuhan. Selanjutnya dilakukan sosialisasi kepada kader posyandu mengenai pentingnya memanfaatkan lahan sempit yang terabrasi dan mendapatkan nutrisi yang baik melalui budidaya ikan dan tumbuhan.

Setelah kader posyandu memahami materi yang disampaikan, dilakukan praktik dengan menyiapkan ember-ember yang telah diisi air dan ikan. Untuk tumbuhan sendiri di tanam di bagian atas ember dengan akar yang terendam ke dalam air sehingga bisa menyerap nutrisi dari limbah ikan. Budidaya ini dapat dilakukan panen setelah setelah 2-4 minggu dengan tetap mengawasi ikan dan tumbuhan.

Kegiatan ini didukung dengan respons positif dari pemerintah desa. Harapannya melalui program ini masyarakat dapat menghasilkan ikan dan tumbuhan tanpa memerlukan lahan yang luas. Selain itu, program ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwasannya membudidayakan ikan dan tumbuhan tidak memerlukan lahan yang luas.