Pemilihan Ketua RT 03 RW 04 Desa Randusanga Kulon

  • Jan 12, 2023
  • Sri Astuti

Pemilihan Ketua RT 03 RW 04 yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Januari 2023 pukul 20.00 WIB di halaman Mushola Baetul Makmur berjalan dengan lancar. Untuk  Rukun Tetangga dipilih oleh masyarakat setempat sebagai perwakilan untuk menyampaikan aspirasi terhadap pempinan di atasnya yakni Lurah. Terdapat 2 calon yaitu :

1. Rachmad Adhi Dharma

2. Masdirun

RT sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa

RT merupakan salah satu jenis Lembaga Kemasyarakatan Desa (“LKD”). LKD berdasarkan Pasal 1 angka 2 Permendagri 18/2018 didefinisikan sebagai berikut: "Lembaga Kemasyarakatan Desa yang selanjutnya disingkat LKD adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra Pemerintah Desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Desa.

Ketua RT memegang jabatan selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan dan dapat menjabat paling banyak 2 (dua) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Mekanisme pemilihan Ketua RT baru menggantikan Ketua RT yang mengundurkan diri ini antara lain sebagai berikut:

  • Pemilihan Ketua RT dilaksanakan oleh panitia pemilihan Ketua RT yang disahkan Lurah.

  • Panitia pemilihan menetapkan tata tertib pemilihan Ketua RT dalam Musyawarah RT.

  • Pemilihan Ketua RT dilakukan melalui mekanisme musyawarah untuk mencapai mufakat.

  • Dalam hal mekanisme musyawarah tidak tercapai, maka pemilihan Ketua RT dilakukan dengan cara pemungutan suara untuk memilih calon Ketua RT yang mendapat suara terbanyak menjadi Ketua RT.

  • Apabila terdapat 2 (dua) atau lebih calon Ketua RT yang mendapatkan jumlah suara terbanyak sama, maka panitia pemilihan dapat melakukan pemungutan suara kembali terhadap calon yang memperoleh suara terbanyak sama.

  • Hasil pemilihan Ketua RT dituangkan dalam berita acara pemilihan dan disampaikan oleh panitia pemilihan kepada Lurah untuk ditetapkan dengan Keputusan Lurah.

  • Pemilihan ketua RT dihadiri oleh perwakilan dari pihak kelurahan.

Dari hasil pemilihan tersebut yang mendapatkan suara terbanyak dari pemilihan sejumlah 45 daftar hadir warga pemilih

1. Rachmad Adhi Dharma dengan perolehan suara 19

2. Masdirun dengan perolehan suara 26

Sehingga dengan keputusan tersebut yang menjadi ketua RT 03 RW 04 adalah MASDIRUN.