Pemberdayaan UMKM oleh Mahasiswa KKN Undip melalui Pembuatan Media Sosial Instagram bagi Pelaku UMKM

  • Aug 05, 2023
  • Fauzan Makarim Wirasakti

BREBES - Penyuluhan pembuatan media sosial instagram oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 bagi pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes telah dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2023 di Aula Balai Desa dengan menghadirkan 40 peserta dari ibu-ibu PKK. Kegiatan penyuluhan ini berupa penyebaran formulir pemberdayaan bagi ibu-ibu yang memiliki usaha dan ingin dibuatkan akun instagram.

Materi penyuluhan membahas mengenai media fungsi dan media pemasaran. Media pemasaran sendiri adalah sarana yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengenalkan dan memasarkan jasa atau produk yang ditawarkannya. Saat ini, media pemasaran online dinilai efektif dalam membantu meningkatkan penjualan UMKM.

“Instagram merupakan salah satu media online yang paling banyak dipilih pengelola UMKM.” ujar Fauzan Makarim Wirasakti, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023. Lebih lanjut, Fauzan memberikan penyuluhan mengenai langkah-langkah pembuatan akun Instagram apabila pelaku UMKM belum memilikinya.

Setelah melakukan penyuluhan, formulir pemberdayaan UMKM disebar pada peserta dengan tujuan untuk melakukan door to door proses pembuatan akun Instagram pelaku UMKM. Data yang dibutuhkan dalam formulir berupa nama, alamat, nama usaha, dan nomor handphone sehingga data pengelola UMKM dapat diperoleh berdasarkan jawaban formulir pemberdayaan tersebut.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini mendapat dukungan dari kepala desa, perangkat desa, dan warga desa. Harapannya dengan adanya bantuan dari mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 dalam membuat Instagram sebagai media pemasaran online dapat secara nyata meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.