Peduli UMKM, Mahasiswa KKN Undip Bantu Kelola UMKM melalui Layanan Informasi Publik

  • Aug 05, 2023
  • Abryel Oktavian

BREBES - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 menyediakan informasi seputar Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes melalui website yang ditautkan di linktree. Program ini dilakukan di rumah pengelola UMKM pada 24 Juli 2023 kemarin dengan mempraktikkan pengelolaan website sehingga pengelola UMKM dapat menambahkan informasi sendiri di dalamnya.

Informasi yang disampaikan dalam website berisikan penjelasan UMKM, kriteria UMKM, dan tarif pajak penghasilan untuk UMKM. “Program ini bagus karena memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi.” ujar Widiyawati, pengelola UMKM Desa Randusanga Kulon.

Pemilihan website sebagai media informasi karena informasi dapat disampaikan dengan lengkap. Masyarakat dapat mengetahui layanan dan produk apa saja yang dijalankan pelaku UMKM di Desa Randusanga Kulon.

Program ini beririsan dengan program sebelumnya yaitu pembukuan digital berbasis spreadsheet bagi UMKM yang digabungkan ke dalam satu linktree. Pada menu linktree pembukuan, pengelola dapat mengakses template pembukuan berbasis spreadsheet. Adapun menu layanan publik, pengelola dapat memantau siapa saja pendaftar mitra UMKM baru yang melakukan pendaftaran.

“Program ini memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi UMKM yang ada di Desa Randusanga Kulon.” jelas Abryel Oktavian, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023. Melalui program ini diharapkan layanan informasi publik dapat berkelanjutan dengan adanya update kegiatan yang berkaitan dengan UMKM. Layanan informasi publik dapat diakses melalui link berikut linktr.ee/PelapuUMKM.