Optimalisasi Pembangunan Desa, Mahasiswa Undip lakukan hal berikut

  • Feb 13, 2023
  • Eva Ardia Nirvananda

Desa Randusanga Kulon merupakan desa yang terletak di sebelah utara Kecamatan Brebes. Berdasarkan data Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Brebes dalam Kabupaten Brebes Dalam Angka Tahun 2022 menyebutkan bahwa presentase kemiringan tanah di Kecamatan Brebes di klasifikasikan menjadi dataran datar dengan presentase sebesar 0-8%.

 

Kemiringan lereng yang datar tersebut disebabkan oleh letak Randusanga Kulon yang berbatasan dengan Laut Jawa. Posisi tersebut cukup menguntungkan desa dengan adanya proses sedimentasi yang terus berlangsung sehingga menyebabkan luas desa yang semakin bertambah. Selain hal tersebut, Desa Randusanga Kulon juga diuntungkan dengan berbagai potensi lainnya.

 

Namun kondisi geografis tersebut juga memberikan beberapa kerugian bagi Desa Randusanga Kulon. Desa Randusanga Kulon kerap mengalami banjir rob dan fenomena abrasi yang merusak tambak dan lahan milik warga sehingga mempengaruhi perekonomian Desa Randusanga Kulon secara tidak langsung. Dengan perubahan luas wilayah yang terus berlangsung tersebut, maka  diperlukan rencana pembangunan dan tata guna lahan yang tepat.

 

Pembuatan Peta Tata Guna Lahan oleh Eva Ardia Nirvananda (Mahasiswa Teknik Geologi, Universitas Diponegoro) dilakukan dengan analisis data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan survey secara langsung ke lahan yang terdapat di Desa Randusanga Kulon serta lokasi yang terdampak abrasi sedangkan data sekunder didapatkan dengan pengolahan citra Google Earth, Landsat 8  dan data Digital Elevation Model yang selanjutnya dilakukan pengolahan dengan menggunakan Software ArcGIS dan Google Earth. Pengolahan peta tesebut meliputi pembuatan shapefile batas desa, delineasi penggunaan lahan, layouting peta, pencetakan peta yang kemudian diserahkan kepada perangkat desa.

 

Dengan adanya pemetaan fungsi tata guna lahan di Desa Randusanag Kulon tersebut diharapkan agar pembangunan di Desa Randusanga Kulon dapat lebih terstruktur serta dapat dimanfaatkan dalam pembangunan Desa Randusanga Kulon secara maksimal.

 

Penulis : Eva Ardia Nirvananda (Teknik Geologi - Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan :

  1. Retna Hanani, S.Sos., MPP
  2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc
  3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si