Mempunyai Potensi Untuk Menjadi Desa Wisata, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Undip

  • Feb 12, 2023
  • Andhika Tri Resna H. A

Randusanga Kulon (11/2/2023) – Desa Randusanga Kulon merupakan desa yang berada di paling utara dari Kabupaten Brebes. Desa ini memiliki permasalahan yang seringkali ditemukan pada daerah pesisir yaitu kemiskinan. Selain itu, Desa Randusanga Kulon juga berkutat dengan permasalahan banjir rob.

Dari permasalahan yang ada diatas, sebenanrnya Desa Randusanga Kulon memiliki potensi menjadi Desa Wisata. Hal ini dapat kita lihat dari berbagai macam sumber daya alam yang dimiliki oleh Desa Randusanga Kulon. Salah satu tempat wisata yang ada di Desa Randusanga Kulon adalah pantai Randusanga Indah. Sayangnya pantai Randusanga Indah ini kurang terawat dan kurang terkenal dikalangan masyarakat.

Berbagai sumber daya alam yang memiliki potensi menjadi spot-spot wisata yang nantinya diharapkan dapat membantu perputaran ekonomi masayarakat desa belum dapat digunakan secara maksimal. Dalam membantu menyelesaikan permasalahan ini, mahasiswa KKN Undip Tim I 2022/2023 melakukan pembuatan video yang nantinya akan digunakan untuk membranding desa agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Pembuatan video ini dijadikan sebagai program multidisiplin yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa Undip yang melakukan kegiatan KKN di Desa Randusanga Kulon.

Potensi-potensi yang ada di Desa Randusanga Kulon selain pantai Randusanga Indah ada juga daerah yang dikelilingi pohon bakau yang bisa dijadikan sebagai wisata air dengan berkeliling menggunakan kapal. Dalam perjalanan menggunakan kapal kita juga dapat melihat spot-spot pemancingan dan terdapat satu pulau yang bernama Pulau Hantu. Selain wisata alam, ada juga wisata kuliner seperti olahan makanan dari rumput laut dan berbagai hidangan laut dan pertunjukan kesenian tari tradisional yang asli berasal dari Desa Randusanga Kulon yaitu tari umbul.

Pembuatan video branding desa nantinya diharapkan dapat membantu untuk merubah Desa Randusanga Kulon menjadi desa wisata agar wisata yang dimiliki oleh Desa Randusanga Kulon ramai untuk dikunjungi oleh para masyarakat yang ingin healing dan nantinya akan berdampak kepada peningkatan ekonomi warga Desa Randusanga Kulon itu sendiri.