Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Motivasi Berprestasi pada Remaja Desa Randusanga Kulon

  • Aug 10, 2023
  • Sabrina Gabriella Paramadina

BREBES - Dari hasil survei ditemukan bahwa terdapat sekitar 50% warga Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes yang tidak menamatkan pendidikannya. Melalui hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 mengembangkan motivasi berprestasi pada remaja di Desa Randusanga Kulon untuk meneruskan pendidikannya pada 15 Juli 2023 di Posyandu Remaja.

Motivasi berprestasi dapat diartikan sebagai dorongan dari diri siswa untuk mencapai prestasi dan dapat meneruskan pendidikannya. Dengan suntikan motivasi yang dilakukan mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 para remaja akan merasa terbangkitkan semangat untuk berprestasi khususnya dalam bidang pendidikan.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi secara focus group discussion membentuk lingkaran. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan singkat untuk memicu semangat remaja dalam menemukan jawabannya.

Untuk bisa memberikan pemahaman lebih mendalam, Sabrina Gabriella Paramadina menyebarkan booklet yang berisi materi yang disampaikan. Didalamnya terdapat banyak kata-kata motivasi yang membangkitkan semangat untuk mengejar prestasinya.

Di bagian belakang booklet diselipkan bagian Weekly Planner dan My Dreams That Will Come True!. Sebuah lembaran kosong yang dipersembahkan untuk remaja sebagai ketercapaian dalam program ini.

Pada bagian akhir, para remaja menuliskan target di lembar yang telah diberikan. “Keberhasilan dalam program ini adalah remaja dapat menemukan target yang ingin dicapai.” ujar Sabrina Gabriella Paramadina salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 yang berasal dari Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi. Harapannya melalui program ini para remaja dapat termotivasi dengan menemukan target yang ingin dicapai.