Mahasiswa KKN Undip Menyelamatkan Masa Depan Anak

  • Feb 11, 2023
  • Sri Astuti

Randusanga Kulon, Brebes (19/01/23) – Sekolah Dasar (SD) adalah pendidikan anak yang berusia 7 sampai 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan sosial budaya.  Pada usia inilah paling penting untuk mengajarkan dan menanamkan pengetahuan baru seperti budaya menabung.

 

Menabung adalah menyisihkan sebagian untuk disimpan yang akan berguna di waktu yang akan datang. Cara menabung sendiri bisa dimulai dengan langkah awal yang cukup mudah, yaitu menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung. Lalu untuk apa uang yang ditabung tersebut?

 

Uang yang telah ditabung secara rutin dan terus-menerus bisa digunakan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan mereka, seperti buku, alat tulis, sepatu, dan lain sebagainya tanpa meminta uang lagi ke orangtuanya. Otomatis dengan menabung ini akan mengurangi beban orang tuanya. 

 

Sosialisasi menabung pada anak SD ini sangat penting untuk dilakukan karena mereka belum pernah menabung, selama ini orang tua mereka yang menabung bukan dari uang siswa-siswi sendiri. Kegiatan ini merupakan bentuk dari realisasi salah satu program kerja mono disiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SD Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes yang disampaikan oleh Josephine Sudirjo jurusan D4 Akuntansi Perpajakan selaku mahasiswa KKN Tim I 2022/2023 Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP).
 

Kegiatan ini dikhususkan untuk siswa kelas 5 dan 6 SD yang disampaikan oleh mahasiswa Akuntansi Perpajakan yang diawali dengan penjelasan singkat mengenai menabung dan dilanjutkan dengan sesi quiz.

 

Penjelasan mengenai menabung ini direalisasikan dengan media film pendek untuk memberikan pemahaman dan gambaran yang lebih jelas kepada siswa-siswi sehingga siswa dapat menerapkannya di kehidupan mereka sehari-hari.

 

Penulis : Josephine Sudirjo (Akuntansi Perpajakan - Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan:

  1. Retna Hanani, S.Sos., MPP
  2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc
  3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si