Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi Kesehatan dan Kebersihan dengan Pilar SDGs, Apa Sih SDGs itu?

  • Feb 12, 2023
  • Andhika Tri Resna H. A

Randusanga Kulon (19/1/2023) – Memiliki kehidupan yang sehat dan bersih dapat membantu meningkatkan kualitas hidup sehingga kita tidak gampang sakit. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kesadaran untuk memiliki pola hidup yang sehat dan bersih.

Masih banyak masyarakat Desa Randusanga Kulon yang belum sadar akan pentingnya pola hidup sehat dan bersih. Ini bisa dilihat dari masih adanya warga yang tidak memiliki jamban dan masih membuang air besar sembarangan. Permasalahan ini dilihat oleh mahasiswa KKN Undip dan dijadikan sebagai proker multidisiplin dengan tema Edukasi Kesehatan dan Kebersihan Masyarakat Guna Meningkatkan Kesehatan yang Sesuai Dengan Pilar-Pilar Sustainable Developments Goals (SDGs).

Sustainable Developments Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara kesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Fokus utama dalam program kerja ini tertuju kepada keluarga dan anak-anak Sekolah Dasar. Penyampaian materi untuk keluarga dilakukan dengan kerjasama dengan kader posyandu Desa Randusanga Kulon mulai dari posyandu balita, remaja, hingga lansia. Edukasi yang diberikan kepada peserta di posyandu antara lain pentingnya ASI eksklusif, pemberian MPASI berkualitas dan terjaga kebersihannya, serta memberikan konseling kepada peserta posyandu dengan PTM (Penyakit Tidak Menular). Sedangkan, edukasi kepada anak-anak dilaksanakan di SDN 1 Randusanga Kulon dan SDN 1 Sigempol.  Materi yang diberikan kepada anak-anak sekolah dasar antara lain Gizi Seimbang dan Pentingnya Menjaga Kebersihan. Pada anak-anak SD proses penyampaiannya dilakukan dengan cara bermain kuis dan melakukan lomba membuat poster dengan tema menjaga kebersihan. Output yang dihasilkan dari kegiatan ini antara lain berupa leaflet yang diberikan kepada peserta Posyandu dan poster Gizi Seimbang yang diberikan kepada anak Sekolah Dasar.

Harapan dengan adanya kegiatan ini yakni warga Desa Randusanga Kulon sadar akan pentingnya pola hidup sehat dan menjaga kebersihan. Dengan meningkatnya kesadaran tersebut, harapan jangka panjangnya adalah dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Randusanga Kulon. Kegiatan

Penulis : Andhika Tri Resna H. A