Mahasiswa KKN Undip Gerakan Minat Baca melalui Layanan Mendongeng pada Anak-anak

  • Aug 06, 2023
  • Nitzah

BREBES - Dalam rangka meningkatkan minat baca pada anak-anak, mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 gerakan layanan mendongeng di Aula Balai Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes pada 3 Agustus 2023. Gerakan layanan mendongeng menghadirkan anak-anak berusia 7-12 tahun yang berasal dari Sekolah Dasar (SD) di Desa Randusanga Kulon sejumlah 55 peserta.

Siswa yang hadir dalam gerakan layanan mendongeng merupakan perwakilan dari masing-masing SD yang diundang. Siswa yang hadir pada layanan mendongeng terdiri dari siswa SD Negeri Randusanga Kulon, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah, SD Negeri 1 Sigempol, SD Negeri 2 Sigempol, dan SD Negeri 3 Sigempol. 

Layanan mendongeng dilakukan dengan menggunakan buku cerita bergambar yang dibuat oleh Nitzah, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 yang berasal dari program studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Isi di dalam buku berjumlah 10 halaman dengan ilustrasi hitam putih sehingga anak-anak dapat mewarnai isinya.

Buku cerita bergambar tersebut berjudul Mengejar Mimpi yang didedikasikan untuk anak-anak dengan tujuan memotivasi mereka dalam mengejar mimpinya. Di dalam buku disebutkan bahwa, “Setiap orang punya mimpi, tapi nggak semuanya bisa membangkitkan semangat untuk mengejar mimpinya.” 

Nantinya buku cerita tersebut disimpan di Taman Baca Rangkul Ceria. “Buku cerita ini disimpan di Taman Baca Rangkul Ceria supaya anak-anak bisa membaca kembali dan merasa termotivasi lagi dalam mengejar mimpinya.” jelas Nitzah.

Keberhasilan gerakan layanan mendongeng diukur dengan diadakannya Lomba Mendongeng tingkat SD di Desa Randusanga Kulon. Lomba ini mengizinkan peserta untuk bercerita dengan tema cerita rakyat tanpa membaca teks. Harapannya kegiatan lomba ini dapat berkelanjutan dilaksanakan di Desa Randusanga Kulon untuk menciptakan siswa yang berprestasi.

Demikian ulasan program “Layanan Mendongeng melalui Buku Cerita Bergambar” yang telah diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.