Mahasiswa KKN Undip Gebrakan Kenali Potensi Diri Sendiri pada Remaja Desa Randusanga Kulon

  • Aug 10, 2023
  • Sabrina Gabriella Paramadina

BREBES - Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes rutin melakukan monitoring kesehatan melalui layanan posyandu. Untuk bisa memaksimalkan potensi tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 gebrakan sosialisasi kenali potensi diri sendiri di Posyandu Remaja pada 22 Juli 2023 sebagai sebuah motivasi untuk remaja mengenal potensi yang ada didalam dirinya.

Potensi diri adalah kemampuan diri sendiri yang masih mungkin kita kembangkan lagi. Jika kemampuan atau kekuatan diri tersebut saat ini masih tersembunyi, kita harus bisa menemukannya terlebih dulu agar dapat mengoptimalkannya. 

Kegiatan penyampaian materi dilakukan secara focus group discussion membentuk lingkaran. Materi yang disampaikan seputar klasifikasi potensi diri secara umum, jenis-jenis potensi diri, mencari tahu potensi diri, dan cara mengoptimalkan potensi diri. 

Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan singkat untuk memicu semangat remaja dalam menemukan jawabannya. Terdapat rewards yang diberikan bagi mereka yang berani menjawab pertanyaan berupa notebook dan pulpen.

Sebagai mahasiswa Program Studi Psikologi, Sabrina Gabriella Paramadina, mengenalkan salah satu teori tentang kemampuan atau potensi diri yang paling sering digunakan di dunia psikologi yaitu kecerdasan majemuk. “Teori tersebut berpendapat bahwa setiap orang punya ‘kecerdasan’ yang berbeda-beda” jelas Sabrina Gabriella Paramadina.

Untuk bisa memberikan pemahaman lebih mendalam, Sabrina Gabriella Paramadina menyebarkan leaflet yang berisi materi yang disampaikan. Harapannya melalui program ini para remaja dapat memahami dan mengenal potensi yang ada di dalam dirinya sendiri.