Mahasiswa KKN Undip Gebrakan Kegiatan Mendongeng sebagai Alat Bantu Pemberdayaan Anak

  • Aug 10, 2023
  • Revela Regilia Effendy

BREBES - Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 melakukan pemberdayaan anak melalui kegiatan mendongeng dengan menghadirkan 55 peserta dari 5 Sekolah Dasar (SD) di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes pada 3 Agustus 2023. Program ini didasari masih rendahnya dorongan dari pihak pemerintah dalam melakukan pemberdayaan anak. 

Pemberdayaan anak dapat dikatakan sebagai sebuah upaya untuk memampukan dan memandirikan anak-anak dengan mendorong dan memotivasi anak. Salah satu dorongan yang dilakukan mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 adalah kegiatan mendongeng.

Kegiatan mendongeng dilaksanakan dengan menghadirkan SD Negeri Randusanga Kulon, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah, SD Negeri 1 Sigempol, SD Negeri 2 Sigempol, dan SD Negeri 3 Sigempol yang masing-masing mengirimkan 11 perwakilan SD untuk menjadi peserta. 

Buku yang didongengkan merupakan produk sendiri buatan mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 sehingga sebelum kegiatan mendongeng dimulai, dilakukan pengenalan buku. “Buku yang didongengkan berjudul ‘Mengejar Mimpi’ buatan salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 yang berasal dari Program Studi Ilmu Perpustakaan.” jelas Revela Regilia Effendy salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 yang berasal dari Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Selanjutnya kegiatan mendongeng dilakukan sambil duduk dengan membaca teks. Pada beberapa bagian diajukan pertanyaan-pertanyaan singkat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak-anak tersebut. Di bagian akhir diminta satu sukarelawan dari peserta untuk menyampaikan pesan moral yang ada pada cerita.

Adanya pertanyaan-pertanyaan tersebut diharapkan dapat memotivasi anak-anak untuk mengejar mimpinya sesuai dengan pesan moral yang ada di dalam buku ‘Mengejar Mimpi’. “Di dalam buku disampaikan bahwa setiap orang punya mimpi, tetapi hanya sedikit yang mampu mengejar mimpinya. Semoga dengan adanya kegiatan mendongeng tentang mimpi dapat memotivasi anak dalam mengejar mimpinya.” tutup Revela Regilia Effendy.