Mahasiswa KKN Undip Berdayakan UMKM melalui Metode Pembayaran Digital QRIS

  • Aug 10, 2023
  • Reynalief Primawisesa

BREBES - Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 berdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes di era digital melalui metode pembayaran nontunai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Kegiatan pembuatan QRIS dilakukan dengan mengadakan penyuluhan di Aula Balai Desa Randusanga Kulon yang menghadirkan 40 peserta pada 1 Agustus 2023 dan praktik secara door to door dengan target utama pelaku UMKM.

Bank Indonesia meluncurkan QRIS sebagai alternatif metode pembayaran nontunai. QRIS dikembangkan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) bekerja sama dengan Bank Indonesia agar proses pembayaran dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Saat ini, QRIS dapat digunakan di seluruh toko di Indonesia.

Dengan adanya kemudahan tersebut, Reynalief Primawisesa sebagai salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 menyelenggarakan penyuluhan tentang metode pembayaran nontunai QRIS kepada warga Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. 

Penyuluhan tersebut menjelaskan mengenai apa itu QRIS, kenapa harus QRIS, jenis pembayaran QRIS, biaya yang dikeluarkan untuk membuat QRIS, dan bagaimana cara mendaftar QRIS. Namun, dengan keterbatasan pengetahuan teknologi yang ada di desa maka setelah dilakukan penyuluhan diselenggarakan praktik pembuatan QRIS secara door to door. “Pembuatan QRIS diharapkan dapat membantu warga desa dalam mengembangkan metode pembayaran digital sesuai perkembangan zaman.” tutup Reynalief Primawisesa.