Kembangkan Perpustakaan, Mahasiswa KKN Undip Berdedikasi Mengoptimalkan Taman Baca Rangkul Ceria

  • Aug 06, 2023
  • Nitzah

BREBES - Taman Baca Rangkul Ceria terletak di Balai Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes merupakan salah satu sumber pengetahuan sehingga untuk bisa memaksimalkannya mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 berinisiatif mendedikasikan pengembangan perpustakaan melalui optimalisasi Taman Baca Rangkul Ceria yang dilaksanakan pada 1 Agustus 2023 di Ruang Rapat Balai Desa bersama Ketua Program Kerja Kelompok Kerja II Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pokja II PKK).

Taman baca merupakan tempat untuk memberikan layanan dibidang bacaan yang dapat membangun dan meningkatkan minat baca masyarakat. Layanan yang tersedia saat ini baru layanan peminjaman dan pengembalian buku. 

“Dengan adanya mahasiswa Ilmu Perpustakaan diharapkan bisa membantu mengoptimalkan taman baca di Desa Randusanga Kulon.” ujar Nur Isnawati, Ketua PKK Desa Randusanga Kulon saat survei potensi desa. Hal ini didukung dengan belum adanya penanggung jawab yang mengurus penuh Taman Baca Rangkul Ceria dan koleksi buku yang sedikit.

Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 mendedikasikan pengelolaan Taman Baca Rangkul Ceria melalui pembuatan modul pengelolaan perpustakaan yang berisikan cara melakukan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, labelling, perawatan, dan penjajakan koleksi.

Modul tersebut kemudian dipresentasikan dan diberikan pada Pokja II PKK sebagai pengelola Taman Baca Rangkul Ceria. Selanjutnya diadakan penyerahan donasi koleksi buku sebagai salah satu cara penambahan koleksi buku.

Donasi buku dilakukan dengan membuka open donasi yang dibagikan di sosial media dan menyebarkan proposal sumbangan ke beberapa penerbit. Saat ini, terdapat sekitar 21 koleksi yang disumbangkan termasuk modul pengolahan perpustakaan dan buku cerita bergambar karya mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023.

Demikian ulasan program “Optimalisasi Pengelolaan Taman Baca Rangkul Ceria” yang telah diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.