Kakeibo Adalah Solusi! Metode Ampuh Atasi Pembengkakan Pengeluaran Keuangan Ala Orang Jepang

  • Feb 12, 2023
  • Astri Puspita Sari

Randusanga Kulon, Brebes (26/01/23) Permasalahan pengelolaan keuangan merupakan masalah yang krusial, dimana banyak orang yang kesulitan untuk memgelola keuangannya. Kebanyakan orang mengalami masalah dimana pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan, hal tersebut dikarenakan pengelolaan keuangan kita yang kurang jelas.

Apalagi untuk masyarakat yang mengalami permasalahan penurunan ekonomi, akan tetapi pengeluaran terus berjalan bahkan meningkat. Terutama pada masyarakat desa Randusanga Kulon yang terkena dampak dari abrasi yang menyebabkan banyak warganya yang kehilangan mata pencaharian sebagai petani rumput laut. 

Agar masyarakat dapat mengelola keuangan dengan baik, Astri Puspita Sari dari prodi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang Fakultas Ilmu Budaya mahasiswa KKN Tim 1 Kecamatan Brebes Desa Randusanga Kulon Undip mengadakan edukasi tentang Kakeibo (pengelolaan keuangan ala Jepang). Kakeibo adalah metode mengatur keuangan yang dilakukan orang Jepang khususnya ibu rumah tangga di Jepang, metode Kakeibo ini dikenalkan oleh seorang jurnalis Jepang yang bernama Hani Motoko pada tahun 1904. Secara harfiah Kakeibo berarti “buku kas rumah tangga”. Kegiatan ini ditujukan kepada ibu-ibu PKK desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, tempat pelaksanaan yang diadakan di Balai Desa Randusanga Kulon. 

Kegiatan edukasi dilaksanakan dengan cara mahasiswa KKN Undip memberikan pemaparan materi apa itu metode Kakeibo dan bagaimana cara kerja dari pengelolaan keuangan Kakeibo. Dalam serangkaian acara ibu-ibu PKKpun antuias dengan adanya metode ini, karena metodenya yang mudah yaitu dengan mencatat anggaran pengeluaran yang akan digunakan dan berapa yang sebenarnya digunakan serta dapat ditabung yang nantinya bisa digunakan untuk tujuan tertentu. Bukan hanya pemaparan materi saja tetapi mahasiswa menyediakan selebaran format penulisan Kakeibo yang nantinya bisa dijadikan contoh pencatatan keuangannya.Tentunya banyak manfaat dan harapan yang didapat dalam metode Kakeibo ini yaitu:

  1. Lebih teratur dalam mengatur keuangan 
  2. Membantu menabung yang lebih efektif
  3. Lebih disiplin
  4. Merasa aman dan percaya diri
  5. Mengontrol keuangan

 

Penulis : Astri Puspita Sari

Dosen Pembimbing Lapangan : 

  1. Retna Hanani, S.Sos., MPP
  2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc
  3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si