Inspiratif! Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan E-commerce dan Marketplace pada Pelaku UMKM Desa Randusanga Kulon

  • Feb 11, 2023
  • Sri Astuti

Randusanga Kulon, Brebes (27/01/). Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 tahun 2023, Alfis Narko seorang mahasiswa program studi Ekonomi Islam Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Randusanga Kulon termasuk salah satu desa di pesisir utara Jawa Tengah yang dikenal dengan komoditas unggulannya yaitu rumput laut. Rumput laut diolah menjadi agar kertas, minuman jelly, kerupuk rumput laut, dan sirup rumput laut. Hasil olahan tersebut kemudian diperdagangkan oleh warga desa selaku pelaku UMKM.

Budidaya rumput laut dan berbagai macam produk olahannya merupakan potensi besar yang dapat meningkatkan perekonomian warga apabila dapat dikenal dan didistribusikan secara luas. Untuk mencapai hal tersebut, warga desa perlu memasarkan dan menjual produk-produk usaha mereka ke e-commerce. Namun hal tersebut belum dilakukan warga desa karena keterbatasan pengetahuan teknologi. Melihat kondisi tersebut, Alfis Narko mahasiswa KKN UNDIP program studi Ekonomi Islam mengusulkan sebuah program kerja yakni sosialisasi dengan topik “Pengenalan E-commerce dan Marketplace”.

E-commerce adalah situs jual beli online dimana penjual dan pembeli tidak harus bertemu langsung sehingga penjual dapat menjangkau daerah yang lebih luas untuk memasarkan produk mereka. Sedangkan marketplace adalah salah satu model dari e-commerce yang bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Contohnya antara lain Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 Januari 2023 di balai desa Randusanga Kulon. Sasaran dari program ini adalah warga desa khususnya pelaku UMKM. Kegiatan dimulai dengan penjelasan mengenai e-commerce dan marketplace secara singkat. Kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan akun WhatsApp bisnis dan penggunaannya.

Masyarakat setempat sangat antusias dalam menyambut program ini. Harapannya, sosialisasi pengenalan e-commerce dan marketplace ini dapat menjadi langkah awal dari pengembangan bisnis atau usaha guna meningkatkan penjualan produk-produk UMKM Desa Randusanga Kulon.

 

 

Penulis : Alfis Narko

Dosen Pembimbing Lapangan :

  1. Retna Hanani, S.Sos., MPP
  2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc
  3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si