Inilah yang Dilakukan Mahasiswa KKN Undip Dalam Upaya Mitigasi Banjir Rob Desa Randusanga Kulon Brebes

  • Feb 11, 2023
  • Sri Astuti

Randusanga Kulon, Brebes (23/01/23) Mitigasi Bencana merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan dengan tujuan mengurangi dampak yang ditimbulkan khususnya bagi masyarakat, sebagai landasan untuk perencanan pembangunan jangka panjang, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta menimalisir dampak bencana. Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN), program edukasi evakuasi dan pembuatan peta jalur evakuasi merupakan salah satu upaya dalam mendukung SDGs nomor 13 yaitu penanganan perubahan iklim dan penanggulangan kebencanaan.

Mitigasi sendiri bermanfaat dalam mengurangi tingginya risiko kerugian baik secara materil maupun korban jiwa. Kondisi eksisting Desa Randusanga Kulon memiliki tingkat kerawanan banjir rob yang cukup tinggi dan terjadi tiap tahunnya. Permasalahan yang ada belum adanya peta jalur evakuasi bencana banjir rob dan masyarakat yang belum tanggap akan bencana. Maka dari itu perlu adanya upaya mitigasi bencana agar mayarakat siap dan tanggap dalam menghadapi bencana banjir rob.

Gevanda Indra Yazid, mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang tergabung dalam KKN Undip Tim I 2022/2023 Kecamatan Brebes, Desa Randusanga Kulon berupaya dalam mengatasi permasalahan tersebut dilakukannya edukasi petingnya evakuasi dan pembuatan peta jalur evakuasi bencana banjir rob di Desa Randusanga Kulon. Pada pelaksanaan pembuatan peta, dilakukan melalui survey secara primer dan sekunder, dengan wawancara kepada masyarakat dan perangkat desa, selain itu meminta data dari balai desa dan telaah dokumen. Selanjutnya data tersebut diolah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) yaitu ArcGIS. Dengan mendigitasi lokasi tempat evakuasi bagi para pengungsi banjir rob di Desa Randusanga Kulon yang berada ditiga titik, yaitu Balai Desa Randusanga Kulon, Posyandu Suka Sehat, dan Rusunawa MBR Brebes. Selanjutnya menggunakan tools network analysis untuk mencari rute tercepat dari tiap permukiman ke titik evakuasi. Peta jalur evakuasi bencana banjir rob kemudian ditampilkan dan dideskripsikan dalam edukasi evakuasi bencana banjir yang dilaksanakan di Balai Desa Randusanga Kulon pada Senin, 23 Januari 2023 yang dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa. kepala BPD, dan kepala RT/RW Desa Randusanga Kulon.

Program edukasi evakuasi dan peta jalur evakuasi bencana banjir rob di Desa Randusanga Kulon diharapkan dapat menjadi referensi untuk perencanaan mitigasi kedepannya dan masyarakat yang tanggap akan bencana, selain itu pentingnya kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi dampak limbah dari tambak dan pola hidup yang bersih dan perlu adanya penunjuk tanda arah yang dipasang pada titik tertentu sehingga memudahkan dalam jalur evakuasi tersebut. Dalam hal ini tentu memerlukan suatu perencanaan yang baik untuk mewujudkan hal tersebut dan merancang sebuah daerah yang rawan banjir rob ini dengan sistem pembangunan kota yang terkonsep agar banjir rob ini tidak terus terulang setiap tahun apalagi banjir rob ini semakin tinggi setiap tahunnya.

Penulis: Gevanda Indra Yazid

Dosen Pebimbing Lapangan:

1. Retna Hanani, S.Sos., MPP

2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc

3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si