INI BEDA! MAHASISWA UNDIP KENALKAN DISIPLIN ALA ORANG JEPANG

  • Feb 11, 2023
  • Astri Puspita Sari

Randusanga Kulon, Brebes (19/01/23) Mungkin sudah tidak asing untuk kita dengan sebutan negri Sakura?  Negara maju ini terkenal dengan kedisiplinan penduduknya yang sangat tinggi, mulai dari kedisiplinan ketepatan waktu, kebersihan, dan lainnya. Tak heran jika melihat negara jepang adalah negara yang bersih dan taat terhadap peraturan. Dengan karakter disiplin yang sangat tinggi menumbuhkan etos kerja yang tinggi, hal tersebut memberikan dampak positif yaitu pertumbuhan perekonomian yang sangat pesat.
Karakter disiplin orang Jepang tentunya tidak terbentuk dengan cepat dan mudah tetapi sudah mulai dibentuk sejak masih kecil, hal tersebut dapat ditiru di Indonesia khususnya dari kalangan anak-anak. Karena perlunya karakter disiplin untuk anak muda Indonesia sebagai awal menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

Pentingnya mengajarkan sikap disiplin kepada anak sejak dini adalah untuk menumbuhkan mental yang kuat, karena pada usia sekolah dasar karakter anak akan lebih mudah dibentuk, maka dari itu perlunya diperkenalkan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik. 
Untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas maka diadakan sosialisasi edukasi kepada anak-anak SD tentang sikap disiplin dari orang-orang Jepang. Kegiatan ini dilakukan oleh Astri Puspita Sari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tim I 2022/2023 Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang sebagai bentuk realisasi program keilmuan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang dilakukan di SD N 1 Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. 
Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan metode PCPP (presetation, comprehension, practice dan, production), metode ini merupakan implementasi ilmu pada mata kuliah metode pengajaran. Kegiatan yang pertama dilakuakan presentation dan comprehension yaitu dengan memaparkan penjelasan dan memberikan video gambaran disiplin orang jepang kepada siswa SD kelas empat dan lima tentang budaya disiplin orang Jepang dengan orang Indonesia. Kemudian practice yaitu mempraktikkan langsung penerapan disiplin dengan mengantri dalam pembagian kertas origami, dan yang terakhir adalah production yaitu dengan membuat origami (budaya melipat khas orang Jepang) guna mengasah daya ingat dan melatih kedisiplinan.

 

Penulis: Astri Puspita Sari

Dosen Pembimbing Lapangan: 

1. Retna Hanani, S.Sos., MPP

2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc

3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si