Informatif! Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Beracara Prodeo

  • Aug 09, 2023
  • Erza Ade Mahendra

BREBES - Isu mengenai layanan hukum yang mahal marak terjadi di desa-desa sehingga mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 adakan pelatihan beracara Prosedur Pembebasan Biaya Perkara (Prodeo) dengan menghadirkan pemegang otoritas Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes di Aula Balai Desa pada tanggal 31 Juli 2023.

Tidak banyak warga desa yang mengetahui bahwa terdapat bantuan layanan hukum yang tersedia pada setiap kantor pengadilan. Isu mengenai mahalnya layanan hukum marak terjadi dan dipercayai warga desa.

Melalui hal tersebut, Erza Ade Mahendra sebagai mahasiswa Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas diponegoro mengadakan pelatihan yang berisikan informasi tentang layanan bantuan hukum secara gratis bernama Prodeo.

Prodeo merupakan layanan bantuan hukum dimana proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui DIPA pengadilan. Warga desa dapat menggunakan layanan hukum pada setiap kantor pengadilan.

Pelatihan ini didasari dengan kondisi ekonomi yang tidak harus menghambat seseorang untuk mendapatkan keadilan. Oleh karena itu, latar belakang dari program ini adalah untuk menuju pemenuhan keadilan harus sama antara masyarakat yang mampu dan tidak mampu.

Demikian program “Pelatihan Beracara ‘PRODEO’” yang telah dilaksanakan. Harapannya program ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada warga desa mengenai layanan prodeo. “Diharapkan pemegang otoritas desa mampu menjelaskan kembali layanan prodeo kepada warga desa sehingga informasi semakin tersebar luaskan.” tutup Erza Ade Mahendra.