Era Digitalisasi, Mahasiswa KKN Undip Dukung Pembaruan Pembukuan Digital

  • Aug 03, 2023
  • Abryel Oktavian

BREBES - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 mendukung pengelola Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes dalam melakukan pembukuan digital melalui spreadsheet pada tanggal 24 Juli 2023 di rumah pengelola UMKM. Spreadsheet tersebut berisikan pembukuan laba rugi yang terdiri dari tabel nomor, keterangan, kredit, debit, dan saldo.

Dengan adanya pembukuan digital melalui spreadsheet dapat mengembangka pengelola UMKM untuk beradaptasi dengan perubahan zaman. Tujuan diadakannya program ini untuk mempermudah pengelola dan pelaku UMKM dalam melakukan pemantauan dan pembukuan laba rugi dengan mencatat kegiatan jual beli yang dapat diakses secara internal. Hal ini didukung dengan era digitalisasi dimana pembukuan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Pembukuan laba rugi sangat penting dilakukan oleh UMKM sebagai acuan terkait kondisi finansial usaha yang dijalankannya. Sajian dalam pembukuan ini berupa informasi pengeluaran, pendapatan, dan laba atau rugi yang dihasilkan UMKM selama periode tertentu.

“Pembukuan UMKM sudah pernah dilakukan, tetapi masih manual sehingga program ini menjadi pembaruan untuk UMKM.” jelas Abryel Oktavian, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.

Keberlanjutan dari program ini dengan memberikan akses kepada pengelola untuk mengedit, mengunggah, dan mencatat update terbaru dari UMKM di Desa Randusanga Kulon. Melalui program ini diharapkan dapat membantu pengelola dan pelaku UMKM dalam melakukan monitoring laba rugi melalui pembukuan digital berbasis spreadsheet. Contoh spreadsheet dapat diakses melalui link berikut linktr.ee/PelapuUMKM.