Dukung Perkembangan UMKM, Mahasiswa KKN Undip Bantu Pembuatan Penerbitan NIB

  • Aug 06, 2023
  • Fauzan Makarim Wirasakti

BREBES -  UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu tumpuan perekonomian di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Berdasarkan hal tersebut mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 dukung perkembangan UMKM dengan mengadakan program pembuatan NIB melalui penyuluhan dan praktik langsung door to door pada tanggal 1 Agustus 2023 yang dihadiri sekitar 40 peserta di Aula Balai Desa Randusanga Kulon.

NIB atau Nomor Induk Berusaha merupakan identitas izin usaha yang diterbitkan lembaga Online Single Submission (OSS) yang berfungsi sebagai titik awal untuk mengurus administrasi bagi UMKM. Untuk memberikan pengetahuan dasar tentang NIB di Desa Randusanga Kulon maka diadakan penyuluhan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023.

Penyuluhan dilaksanakan di Aula Balai Desa dengan menghadirkan ibu-ibu PKK. Target dari sosialisasi ibu-ibu PKK bertujuan untuk meluaskan informasi tentang pembuatan NIB bagi para pelaku UMKM karena sebelumnya sudah pernah dilakukan penyuluhan khusus untuk pelaku UMKM. “Sosialisasi tentang NIB sudah pernah dilakukan, tetapi belum ada praktik penerbitan NIB.” jelas Nur Isnawati sebagai Ketua PKK Desa Randusanga Kulon kepada mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 saat survei program.

Selanjutnya, peserta penyuluhan diberikan formulir pemberdayaan UMKM. Apabila peserta memiliki usaha dan ingin dibantu penerbitan NIB maka akan dilakukan door to door untuk proses pembuatan tersebut. Data yang dibutuhkan dalam formulir berupa nama, alamat, nama usaha, dan nomor handphone.

Melalui NIB, pelaku UMKM akan lebih mudah mendapatkan perizinan dan tidak perlu repot mengurus berbagai dokumen usaha karena NIB sudah terintegrasi dengan berbagai sistem. Demikian ulasan program “Pemberdayaan Pelaku UMKM dengan Pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha)” yang telah diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 sebagai upaya mendukung perkembangan UMKM.