Demi Meningkatkan Derajat Kesehatan, Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Sosialisasi Layanan JKN Bagi Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Randusanga Kulon

  • Feb 12, 2023
  • Sri Astuti

Randusanga Kulon, Brebes (26/01/2023)

Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayarkan oleh Pemerintah. Demi mencegah kematian pada ibu hamil dan kelainan kelahiran anak, JKN memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Ibu hamil yang terdaftar sebagai peserta JKN akan mendapatkan jaminan kesehatan mulai dari masa kehamilan, persalinan, dan masa nifas. Selain itu, peserta JKN juga mendapatkan pelayanan Keluarga Berencana (KB) berupa konseling, pemberian obat, sampai pemasangan alat kontrasepsi.

Manfaat dari layanan JKN untuk kesehatan ibu dan anak antara lain :

  1. Layanan selama masa kehamilan,
  2. Layanan USG;
  3. Layanan persalinan;
  4. Layanan operasi caesar;
  5. Pelayanan KB;
  6. Layanan untuk bayi baru.

Berbagai manfaat dari layanan yang diberikan oleh JKN-KIS perlu diketahui dan didapatkan oleh seluruh masyarakat khususnya para ibu dan balita di Desa Randusanga Kulon. Di tahun 2023 ini jumlah ibu hamil di Desa Randusanga Kulon sebanyak 120 orang dan anak dengan usia di bawah 5 tahun sebanyak 513 balita. Dengan begitu, pada tanggal 26 Januari 2023 Reni Novitasari mahasiswa KKN UNIDP dari jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran memberikan sosialisasi jenis-jenis layanan JKN bagi kesehatan ibu dan anak di Balai Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Sosialisasi ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK sekaligus kader posyandu Desa Randusanga Kulon. Mengingat, kader posyandu merupakan sukarelawan yang menjembatani informasi antara petugas kesehatan dan ibu-ibu peserta posyandu. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah. Setelah pemaparan materi, dilakukan pembagian doorprize dengan cara mengundi nomor. Output yang dihasilkan dari kegiatan ini yakni berupa modul Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Ibu dan Anak.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan ibu dan juga anak di Desa Randusanga Kulon.

 

 

Penulis : Reni Novitasari (Ilmu Gizi - Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan :

  1. Retna Hanani, S.Sos., MPP
  2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc
  3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si