Bukan Hal Tabu, Simak Pentingnya Pendidikan Seks Pada Remaja

  • Feb 12, 2023
  • Andhika Tri Resna H. A

Randusanga Kulon (04/2/2023) – Edukasi seks masih jarang dilakukan oleh para orang tua. Mereka masih menganggap bahwa edukasi seks menjadi hal yang tabu untuk diajarkan kepada anak-anak mereka. Padahal edukasi seks sangatlah penting untuk diajarkan dan diketahui oleh anak-anak tertutama ketika mereka dalam masa puber. 

Kurangnya pengetahuan tentang edukasi seks dapat menimbulkan perilaku menyimpang seperti seks bebas. Permasalahan ini terjadi di Desa Randusanga Kulon, hal ini dapat dilihat dari tingginya tingkat pernikah dini. Bahkan pernikahan yang terjadi harus dilakukan dipengadilan agama karena pasangan yang menikah masih belum memenuhi syarat untuk melakukan pernikahan karena umur mereka tidak memenuhi syarat yang sesuai dengan undang-undang yang telah diatur oleh negara.

Dengan upaya untuk menurunkan angka seks bebas dan pernikahan dini mahasiswa KKN Undip memberikan edukasi tentang edukasi seks pranikah. Edukasi ini dilakukan di posko tempat tinggal mahasiswa KKN Undip dengan mengundang remaja yang masih dalam masa puber yaitu remaja yang berada pada sekolah di tingkat SMP dan SMA. Edukasi ini disampaikan oleh Andhika Tri Resna yang berasal dari jurusan antropologi sosial dengan cara penyampaian materi yang santai dan tidak formal agar para remaja tidak malu untuk bertanya jika ada sesuatu yang mereka tidak tahu. 

​​​
Edukasi seks pra nikah ini berisikan tentang materi apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan kepada lawan jenis, dan mengajarkan tentang tanggung jawab atas kepemilikan alat reproduksi agar terhindar dari perilaku menyimpang seperti seks bebas. Selain itu, disampaikan juga tentang apa saja yang harus disiapkan jika ingin melakukan pernikahan. Materi ini ditunjukan agar para remaja memiliki pengetahuan agar ketika mereka ingin menikah nantinya mereka sudah siap dalam berbagai hal agar nantinya tidak terjadi perceraian.

Edukasi seks pranikah ini diharapkan dapat membantu untuk menurunkan angka seks bebas dan pernikahan dini yang ada di Desa Randusanga Kulon, dan mengajarkan kepada masyarakat bahwa edukasi seks bukan lah hal yang tabu untuk diajarkan melainkan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

Dosen Pembimbing Lapangan:

1. Retna Hanani, S.Sos., MPP

2. Dr. Kardison Lumban Batu., SE. MSc

3. Hafidh Khoerul Fata S.Si.,M.Si