Branding UMKM Desa Randusanga Kulon melalui Google My Business dan Google Maps

  • Aug 10, 2023
  • Reynalief Primawisesa

BREBES - Banyaknya individu yang membuka usaha menjadi peluang mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 untuk membantu branding Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, dan Kabupaten Brebes melalui pembuatan Google My Business dan Google Maps pada 1 Agustus 2023.

UMKM dapat menyerap jumlah tenaga kerja yang banyak sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Kegiatan branding UMKM dilakukan melalui penyuluhan di Aula Balai Desa Randusanga Kulon dengan mendatangkan sekitar 40 peserta. 

Keunggulan Google My Business yaitu dapat mempermudah akses dan navigasi, meningkatkan visibilitas UMKM, dan memfasilitasi pariwisata UMKM di desa. Langkah pembuatannya sangat sederhana dengan mengisi data usaha di laman Google My Business, seperti profile bisnis, kategori bisnis, detail bisnis, verifikasi bisnis, kelola dan perbarui profile bisnis, serta tanggapan ulasan dan pertanyaan dari Google. 

Meskipun langkah-langkah pembuatan sederhana, tetapi masih banyak pelaku usaha yang kurang memahami teknologi sehingga dibutuhkan praktik langsung pembuatan Google My Business dan penandaan usaha di Google Maps secara door to door.

Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 membuat formulir pemberdayaan UMKM untuk mendapatkan data pelaku UMKM yang ingin dibantu dalam proses pembuatan Google My Business dan penandaan usaha di Google Maps. “Pelanggan saya mudah untuk mencari jalan menuju warung saya.” ujar Hafidz salah satu warga di Desa Randusanga Kulon yang dibantu mahasiswa dalam pembuatan Google My Business dan Google Maps.

Harapannya dengan ada praktik pembuatan Google My Business dan Google Maps dapat membantu branding usaha milik masyarakat desa.