Berantas Nyamuk, Mahasiswa KKN Undip Adakan Sosialisasi Pembuatan Spray Anti Nyamuk Alami

  • Aug 10, 2023
  • Mutiara Rengganis

BREBES - Pesisir pantai merupakan daerah paling lembab dan potensial untuk perkembangbiakan nyamuk. Kondisi cuaca yang panas mendorong perkembangbiakan serta pematangan siklus populasi nyamuk menjadi lebih cepat. Berbekal hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 jurusan Kimia, Mutiara Rengganis, mengadakan sosialisasi pembuatan spray anti nyamuk alami dengan target ibu-ibu PKK di Desa Randusanga Kulon pada 1 Agustus 2023 di Aula Balai Desa.

Spray anti nyamuk alami yang dibuat berbahan dasar sereh. "Spray anti nyamuk alami yang berbahan dasar sereh ini dibuat untuk upaya mengurangi penggunaan spray pabrikan berbahan kimia yang beresiko menyebabkan gangguan pernapasan." jelas Mutiara Rengganis salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023.

Pemilihan sereh sebagai bahan dasar spray anti nyamuk adalah karena sereh merupakan bahan dapur yang umum ditemukan di rumah-rumah. Selain itu, kandungan citronellal, citronellol, dan geraniol yang banyak terkandung pada sereh telah dinilai ampuh untuk mengusir nyamuk.  

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan permasalahan banyaknya nyamuk di daerah pesisir pantai. Bahaya akan banyaknya populasi nyamuk juga ikut dipaparkan saat kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan dilanjutkan dengan demo pembuatan spray anti nyamuk alami dan ditutup dengan tanya jawab antara ibu-ibu PKK dan mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023.

Pembuatan spray anti nyamuk membutuhkan sedikit bahan diantaranya sereh, aquades, dan etanol 70% sebagai pelarut. Langkah awal pembuatan spray anti nyamuk yaitu membuat ekstrak sereh dengan merebus sereh dan aquades dengan perbandingan sereh : aquades yaitu 3 : 1. Selanjutnya ekstrak sereh dicampurkan dengan etanol dengan perbandingan ekstrak sereh : ethanol 1 : 3. Campuran ekstrak sereh dan etanol ini selanjutnya dimasukkan ke dalam botol spray dan spray anti nyamuk alami siap digunakan. 

Dengan adanya sosialisasi dan praktik ini, diharapkan masyarakat lebih peduli akan bahaya nyamuk dan paham akan cara mengurangi populasi nyamuk.