Bakti Sosial Bersama KPMDB UIN Walisongo

  • Feb 02, 2023
  • Sri Astuti

Serangkaian kegiatan bakti sosial yang dilakukan Mahasiswa KPMDB ( Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes ) Komisariat UIN Walisongo sebagai Ketua Panitia Ahmad Azmi Aldzani yang dilaksanakan di Desa Randusanga Kulon dari hari selasa tanggal 31 Januari 2023 - Kamis tanggal 02 Februari 2023 dengan tema "Langkah Kecil Berbagi Manfaat Untuk Lingkungan Masyarakat". Bakti Sosial atau lebih dikenal dengan baksos ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia. Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merekatkan rasa persaudaraan dan hubungan kita terhadap orang lain. 

Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan diantaranya :

1. Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak yang dilaksanakan di SDN Sigempol 01 narasumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes dengan sasaran wali murid sekolah dari kelas 1-6.

2. Edukasi Seksual bagi remaja yang dilaksanakan di SDN Sigempol 02 narasumber dari DP3KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana) dengan sasaran nya adalah anak didik kelas 5 dan 6 yang menginjak usia remaja.

3. Pembagian Paket Sembako sebanyak 20 Paket yang diberikan kepada warga Dusun Banjangsari Kidul.

4. Kegiatan Cek Kesehatan Gratis untuk semua umur dari Puskesmas Kaligangsa yang berada di Pos KPMDB.

5.Sosialisasi Kebangsaan dengan sasaran pemuda dari ormas narasumber dari Kesbangpol dengan Tema"Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara" yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Randusanga Kulon. 4 bela negara : cinta tanah air,rela berkorban demi terciptanya kesejahteraan bangsa dan negara, Pancasila sebagai ideologi negara,adanya kesadaran berbangsa dan negara.

6. Kegiatan Lomba-lomba Keagamaan yang dilaksanakan di Madrasah Hidayatul Mubtadiin.

7. Pengajian Penutupan acara baksos dan santunan anak yatim sebanyak 36 orang yang dilaksanakan di Masjid Khoerotun Sigempol.